May 052018

Sisi Positif Negatif Bekerja Freelance

Dunia sudah tertata sedemikian rupa hingga hampir semua manusia bergantung pada uang untuk dapat bertahan hidup. Uang adalah hal yang dicari dan bahkan menjadi tujuan hidup banyak orang dalam bekerja agar bisa bertahan dan mendapatkan hidup yang layak. Ketika kita menginginkan sesuatu, maka kita harus membelinya dengan uang. Untuk mendapatkannya, maka kita harus bekerja. Keringat dan tenaga yang telah kita keluarkan kemudian akan dibayar dengan sejumlah uang yang sering disebut dengan gaji.

Memilih Pekerjaan Sebagai Freelancer

Mencari pekerjaan saat ini bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan berarti hal yang sangat sulit untuk didapatkan. Tergantung dari bagaimana kita mau mencari pekerjaan tersebut. Menjelang usia 20 tahunan, atau seusia mahasiswa, biasanya orang akan mulai berpikir untuk menghasilkan uang sendiri. Terlebih mahasiswa perantauan yang tentunya membutuhkan banyak biaya untuk bertahan hidup di tanah rantau. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan bekerja sebagai freelancer.

Hal tersebut merupakan salah satu pilihan hebat karena mau bekerja keras disela waktu sibuknya berkuliah. Freelance juga biasa dilakukan oleh mereka yang sedang mencari pekerjaan tetap namun belum menemukannya. Dibandingkan tidak melakukan apa pun untuk mengisi waktu mereka, maka freelancer pun dipilih agar tetap mendapat pemasukan setiap bulannya. Memilih bekerja sebagai freelance berarti kita harus siap dengan segala tanggung jawab yang akan diberikan meskipun hanya pekerja paruh waktu.

Positif Negatif Pekerjaan Paruh Waktu

Menjalankan pekerjaan freelance atau paruh waktu untuk masa depan bukanlah sesuatu yang memalukan karena tidak memiliki pekerjaan tetap. Menjadi seorang freelancer memang memiliki nilai positif dan negatif yang tentunya akan kita rasakan. Sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai freelancer, kita harus memahami bahwa pendapatan yang akan kita terima nantinya sebesar dengan waktu yang kita berikan untuk melakukannya. Tidak ada jaminan apa pun ketika kita memutuskan untuk bekerja sebagai freelancer. Berikut ini penjabaran singkat mengenai sisi positif dan negatif bekerja sebagai freelancer.

  1. Tidak terikat kontrak

Bekerja sebagai freelancer berarti kita bebas dari ikatan kerja kontrak dengan suatu perusahaan. Artinya kita sendiri yang bisa menentukan seberapa lama kita akan bekerja di suatu tempat. Ketika kita menemukan pekerjaan yang lebih baik, kita bisa dengan mudah mengakhiri pekerjaan tersebut. Namun, tetap saja jangan lupakan tata krama dengan memberitahu kepada atasan atau orang yang telah memberikan pekerjaan kepada kita sebelumnya. Meskipun hanya freelance, profesionalitas kerja harus tetap dilakukan.

  1. Memiliki kebebasan memilih waktu

Nilai positif lainnya yang bisa kita rasakan ketika memilih bekerja sebagai freelancer adalah kita bebas menentukan waktu kerja kita. berbeda dengan pekerjaan tetap, freelancer bisa memilih hari dan waktu kapan kita akan memulai kerja. Meskipun tidak sedemikian bebas, setidaknya kita diberi kebebasan untuk menentukan waktu kerja. Berbeda dengan pekerjaan tetap yang harus mengikuti semua aturan perusahaan dengan seksama.

  1. Tidak ada jaminan

Ketika ada sisi menyenangkan pasti akan selalu ada sisi yang tak menyenangkan, begitu pula dengan freelance. Bekerja sebagai freelancer, kita tidak mendapat gaji yang tetap setiap bulannya. Besarnya gaji yang diterima akan disesuaikan dengan pekerjaan yang telah kita lakukan. Selain itu, freelance juga tidak memiliki jaminan kesehatan seperti yang akan didapatkan oleh pekerja tetap. Tunjangan-tunjangan lainnya juga biasanya tidak akan freelancer dapatkan karena statusnya yang masih freelance. Hal tersebut tentu saja akan menjadi pertimbangan matang ketika akan memutuskan untuk menggantungkan masa depan pada pekerjaan freelance.


error: Content is protected !!